Total Pageviews

Wednesday 22 December 2010

PANDUAN MENULIS MAKALAH STUDI MASYARAKAT INDONESIA


MAKALAH STUDI MASYARAKAT INDONESIA
1.       COVER
-          Berisi judul, nama lengkap mahasiswa,nomor induk,  semester, nama universitas, logo terkait dan tahun pembuatan
2.       JUDUL
-          Angkatlah judul yang sesuai dengan mata kuliah Studi Masyarakat Indonesia (silahkan buat cek list)
-          Kembangkan judul yang orisinal, baru dan berguna bagi pembacanya, jangan menjiplak karya orang lain (dari internet atau tugas org lain)
-          Judul dapat menjadi kerangka tugas/makalah, jangan membuat judul yang sulit untuk dikembangkan
3.       LATAR BELAKANG
-          Latar belakang berisi tentang alasan pemilihan topik yang akan ditulis. Misalnya masalah apa yang membuat anda tertarik untuk diangkat dan
-          Berikan alasan mengapa topic tersebut layak untuk ditulis
-          Latar belakang cukup ditulis dalam 1 atau 2 paragraph kurang lebih 1/5 halaman folio atau kira-kira 70-100 kata.
4.       PERUMUSAN MASALAH
-          Setelah disinggung sedikit di dalam latar belakang, sampaikan perumusan masalah secara umum disini. Kemudian pecah atau kembangkan masalah utama yang akan dianggat tersebut menjadi beberapa pertanyaan kecil (misalnya menjadi 3-4 pertanyaan). Ini akan berguna sebagai cek list ketika akan menguraikan pembahasan masalah dan membuat kesimpulan.
-          Cukup 1 paragraph (maksimal 2), kira-kira 50 kata lebih.
5.       LANDASAN PEMIKIRAN
-          Disini apa yang terkait dengan judul dan masalah dijelaskan secara lebih spesifik disini. Bisa berangkat dari tinjauan pengertian/ definisi kata-kata yang ada di pada judul/ perumusan masalah terlebih dahulu.
-          Tinjauan secara teoritis/kerangka berfikir terhadap lingkup permasalahan yang akan dibahas dapat dibuat disini.
-          Disini tempat fakta, ilustrasi,bukti,teori,referensi, sumber, pendapat dari berbagai pihak dan pengarang yang berfungsi memperkaya kazanah perbendaharaan pemikiran penulis. Materi –materi umum tentang SMI yang didapat dari dalam kelas, artikel maupun buku-buku dapat masuk disini.
-          Dapat dikembangkan menjadi beberapa paragraph, minimal 1 ½ halaman atau minimal 250 kata.
6.       URAIAN PEMBAHASAN
-          Menjadi inti dari penulisan makalah. Rumusan masalah utama dan anak-anak pertanyaannya dibahas, dikupas dan diuraikan secara kemprehensif dan mendalam disini.
-          Definisi judul, landasan teori yang sudah ada dan pendapat pribadi penulis secara seimbang harus disinergikan disini. Jangan hanya memajang teori/ pendapat tertentu disini. Sampaikan komentar apabila si penulis setuju atau tidak setuju dengan pendapat tersebut dan beri alas an yang kuat. Sintesis pemikiran2 yang berkembang menjadi satu pemikiran yang baru atau definisi yang baru.
-          Akan lebih mudah bila pembahasan dibuat per mata pertanyaan, untuk menghindari ketidak fokusan.  Semua pertanyaan dibahas tuntas.
-          Beri rambu-rambu mana yang merupakan pendapat umum/ para ahli dan mana yang merupakan pendapat pribadi untuk menghindari kesan plagiat/ menjiplak pendapat orang lain.
-          Bagian terbesar dari makalah, minimal 2 halaman atau 400 kata.
7.       PENUTUP
a.       KESIMPULAN
b.      REKOMENDASI
8.       REFERENSI

No comments:

Post a Comment